in collaboration with : www.dapurnyasaya.blogspot.com

in collaboration with : www.dapurnyasaya.blogspot.com

Tuesday, August 14, 2018

BUBUR SUMSUM CANDIL




Bubur Sumsum Candil 
Resep dari instagram
Recooked by : lalavembri

Bahan-bahan :
7sdm Tepung beras putih
250ml santan
250ml air
1/2sdt garam
1/2lbr daun pandan

Bahan-bahan Candil :
5 sdm Tepung ketan putih
30 ml air
3Gandu gula merah
2sdm gula pasir 
300 ml air untuk merebus candil
Daun pandan

Saus Gula merah:
250ml air
2-3gandu gula merah
1/2lbr daun pandan

Cara membuat :
Bubur sumsum : Dalam wadah, tuang 250ml air, masukkan tepung beras dan garam, aduk rata, sisihkan. Dalam panci kecil, masak santan bersama daun pandan, aduk terus hingga mendidih. tuang cairan tepung ke dalam santan mendidih sambil terus diaduk (jangan sampai berhenti) masak hingga bubur kental dan meletup-letup. Angkat.

Candil : Dalam wadah, masukkan tepung ketan putih, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan pemberian air jika adonan sudah dapat dipulung. Bentuk bulat-bulat sebesar kelereng. Rebus air dalam panci, masukkan gula merah, gula pasir, masak hingga mendidih. Masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat ke dalam rebusan air gula merah yang mendidih, masak hingga candil matang (tandanya candil akan mengapung) jika ingin kuahnya kental, tambahkan 1sdm tepung ketan yang dicairkan dengan sedikit air, tuang kedalam rebusan candil, masak hingga kuah mengental. angkat.

Saus gula merah : Rebus air dalam panci kecil, masukkan gula merah dan daun pandan, masak hingga gula mencair dan kuah mengental. Angkat. Saus siap digunakan.

Siapkan mangkuk saji, beri bubur sumsum dan candil, tuang saus gula merah diatasnya. Bubur Sumsum Candil siap disajikan untuk keluarga tercinta
.

No comments:

Post a Comment