in collaboration with : www.dapurnyasaya.blogspot.com

in collaboration with : www.dapurnyasaya.blogspot.com

Sunday, January 22, 2017

SEMPOL AYAM


Ternyata ya SEMPOL Ayam itu camilan khas Batu-Malang. Baru tau pas liburan kemaren tengah malem jelong2 ke Alun2 Kota Batu. Disana jualnya gerobakan @Rp. 500 kaya tahu bulat wkwkw. Tapiii harga segitu Sempolnya mepet banget ama lidi nya alias kurus2 Sempolnya.
Biar puas makannya yuk ah bikin sndiri krn gampang banget dan bahannya mudah didapat.


SEMPOL AYAM
Bahan :
250 gr daging ayam giling
100 gr tepung tapioka/sagu
1 butir telur ayam
4 siung bawang putih, haluskan
3 sdm bawang merah goreng, haluskan
1 sdt gula pasir
Lada halus, garam/kaldu bubuk secukupnya
1 batang daun bawang, iris tips
Tusuk sate secukupnya
Pencelup:
1 butir telur beri sedikit garam,kocok lepas
Cara membuat :
Campur dan aduk semua bahan di atas hingga rata.
Lumuri tangan dgn minyak goreng agar tdk lengket. Ambil secukupnya adonan, lilitkan ditusukan sate bentuk lonjong, lakukan sampai habis.
Rebus di air mendidih hingga matang sekitar 20 menit. Angkat, tiriskan.
Celupkan sempol ke dalam kocokan telur kemudian goreng sampai kuning kecokelatan. Sajikan hangat dg saus sambal.
Hasil :kira-kira 20 tusuk/ tergantung besar kecilnya

No comments:

Post a Comment