in collaboration with : www.dapurnyasaya.blogspot.com

in collaboration with : www.dapurnyasaya.blogspot.com

Wednesday, April 27, 2016

RAINBOW BREAD


Banyak yang nanya saya tutorial cara membuat Rainbow Bread.  

-  Saya pakai Resep Killer Soft Bread klik disini

-  Setelah adonan halus, kalis, elastis dan tidak lengket di tangan, bagi adonan menjadi 6 warna (pembagian berat adonan tergantung besar dan volume loyang).

Kemarin saya membuat 1 resep (memakai Mixer Bosch saya yang kecil) total adonan basah 484 gram.  Karena saya memakai loyang loaf ukuran 20x8x8 cm adonan saya timbang 60 gram sebanyak 6 adonan. Sisa adonan saya bikin Burger Bun atau Roti Burger

- Warnai masing-masing adonan dengan warna yang berbeda (warna pelangi)
Merah, Orens, Kuning, Hijau, Biru dan Ungu.

- Karena masing2 adonan hanya 60 gram, saya warnai manual dgn cara diuleni lagi sambil dikasih pewarna makan sedikit2.  Saya menguleni dengan bantuan Rolling Pin.



- Setelah semua adonan sudah diwarnai, gilas adonan mengikuti bentuk loyang.

- Tumpuk adonan secara berurutan warnanya
 

- Diamkan selama 1 jam sampai adonan naik.

- Beri olesan (susu cair + kuning telor atau susu cair saja bisa)

- Siap dioven selama 30 menit api bawah 180 derajat celcius.


TIPS MENGHITUNG BERAT ADONAN YANG SESUAI DENGAN LOYANG
Source : Irene's Kitchen 


 
- Untuk loyang bertutup, rumus perhitungannya adalah:
berat adonan = volume loyang roti (panjang x lebar x tinggi) dibagi faktor 5,2

- Untuk loyang terbuka, faktornya 4,5.
berat adonan = volume loyang roti (panjang x lebar x tinggi) dibagi faktor 4,5

Jadi misal yang saya gunakan adalah loyang tertutup berukuran 30X13X13, maka berat adonannya:
(30X13X13) : 5,2 = 975 gram







No comments:

Post a Comment